BAHAYA DEHIDRASI KEPADA IBU HAMIL


BAHAYA DEHIDRASI KEPADA IBU HAMIL

Dehidrasi selama kehamilan bisa berisiko tinggi terhadap kehamilan. Seorang wanita hamil harus minum setidaknya 10-12 gelas air per hari karena kebutuhan air dalam tubuhnya meningkatkan secara signifikan selama kehamilan.
Gejala-gejala dehidrasi selama kehamilan, berikut diantaranya.
1. Anda berasa sangat haus
2. Air kencing menjadi sedikit, warna agak pekat dan berbau hancing yang agak kuat
3. Mengalami sembelit
4. Bibir menjadi kering
5. Berasa penat walaupun tidak melakukan kerja yang berat
6. Mengantuk walaupun cukup tidur
7. Rasa pening apabila menukar posisi daripada duduk ke posisi berdiri


Risiko

  • Dehidrasi selama kehamilan menyebabkan kurangnya cairan aminiotic, cairan yang menjaga bayi tetap dalam rahim. Hal ini membuat bayi bersentuhan langsung dengan rahim. Bahkan, masalah ini bisa menimbulkan cacat anggota badan pada anak.
  • Selama kehamilan, tubuh akan kehilangan kemampuan alami untuk melepaskan panas karena ibu berkeringat lebih banyak. Untuk mempertahankan air dalam tubuh, ibu harus banyak minum air. Jika Anda mengalami demam, bayi Anda juga akan merasakannya.
  • Efek dehidrasi selama kehamilan juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti sembelit dan produksi ASI tidak lancar. Masalahnya, ini juga menyebabkan kerosakan ginjal,  Kekurangan air bahkan boleh menimbulkan sakit pada persalinan prematur. Dehidrasi boleh menyebabkan penurunan volume darah dalam tubuh dan sangat berbahaya bagi ibu dan janin dalam rahimnya.
  • Jika Anda ingin menghindari semua risiko kehamilan, penuhi semua keperluan tubuh Anda, terutama kebiasaan minum air. Terlebih lagi, hindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula atau kafein karena mereka menyebabkan dehidrasi berat.


infomanfaat.com – Di kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda, terutama di trimester ketiga kehamilan, maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.

MASALAH DEHIDRASI JUGA BOLEH DIATASI DENGAN MEMINUM AIR KELAPA 

KANDUNGAN AIR KELAPA



Menurut penelitian dari Balittro (Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik) diketahui kandungan nutrisi dari kelapa yang banyak mengandung gizi esensial. Menurut hasil analisis, dalam 100 mililiter air kelapa mengandung Mineral sebagai berikut (dalam mg) :

  • Potasium: 291
  • Sodium: 42
  • Klorin: 75
  • Kalsium: 44
  • Magnesium: 10
  • Sulfur: 58
  • Phosphorus: 9.20
  • Iron (mg/100 gr): 6
  • Copper: 26

Air kelapa selain mempunyai kandungan mineral tinggi, juga mengandung vitamin yang larut air yaitu vitamin B Kompleks dan protein asam amino yang baik. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari air kelapa bagi para ibu hamil:
Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Di dalam air kelapa sangat kaya akan asam laurat yang dapat memerangi asam lemak turunan dan juga memiliki efek antibakteri, antivirus dan antijamur. Jadi, ibu hamil sangat dianjurkan agar senantiasa mengonsumsi air kelapa, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga pertumbuhan janin serta dapat mencegah infeksi flu, HIV, herpes, dan lainnya.
Membantu Mencegah Sembelit
Manfaat air kelapa lainnya yakni dapat membantu mencegah mulas karena air kelapa secara efektif membersihkan usus dan saluran pencernaan sehingga meringankan ibu hamil dari mulas dan juga sembelit.
Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Hampir setiap wanita sering menderita yang namanya infeksi saluran kemih atau biasa disebut UTI (urinary tract infection). Dengan mengonsumsi air kelapa dapat membantu meningkatkan aliran dan frekuensi urin, shingga racun dalam tubuh dapat keluar dengan mudah sekaligus mencegah terjadinya infeksi saluran kemih dan timbulnya batu ginjal.
Minuman Isotonik Alami
Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang dapat membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.
Membantu Pencernaan
Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan dalam penyerapan zat gizi makro dan mikro.
Meningkatkan HDL
Air kelapa pada dasarnya bebas lemak dan dikenal sebagai minuman nol kolesterol. Beberapa studi telah melaporkan bahwa air kelapa juga memiliki efek positif untuk menaikkan tingkat HDL (High-density lipoprotein), yaitu kadar kolesterol yang baik dalam tubuh.
Mengatasi heartburn pada ibu hamil
Dada terasa panas seakan-akan terasa seperti terbakar, itu adalah keluhan heartburn. Heartburn akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil, tapi dengan mengonsumsi air kelapa keluhan hertburn dapat teratasi.
Membantu mengurangi morning sickness
Air kelapa dipercaya mempunyai khasiat sebagai anti muntah, sehingga air kelapa dapat mengurangi keluhan pusing, mual, dan muntah akibat morning sickness yang biasa terjadi pada usia kandungan dibawah 16 minggu.
Mencegah kram kaki
Keluhan kram pada kaki sering dikeluhkan ibu hamil, hal ini disebabkan tubuh kekurangan kalium. Air kelapa mengandung 670 mg kalium per 330 ml sementara tubuh membutuhkan sekitar 4.700 mg saat hamil. Sangat dianjurkan menjaga asupan kalium disaat hamil.
Membantu Persalinan
Sebagaimana diketahui kandungan elektrolit dari air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti cairan, sehingga ibu tidak mudah dehidrasi, dan dapat melakukan persalinan dengan lancar.

Bagi menggantikan Air Kelapa - Ibu hamil juga boleh minum Performance Drink Shaklee
Di Shaklee, kami mempunyai Performance Drink yang sangat bagus dalam mengekalkan bendalir dalam badan dan membantu mengelakkan dehidrasi daripada berlaku. 

  • Meningkatkan Daya Ketahanan Badan 
  • Memberikan tenaga kepada otot dan sel dengan cepat.
  • Menggantikan air yang hilang sewaktu latihan fizikal
  • Meningkatkan daya tahan otot.
  • Membekat Tenaga & Daya Ketahanan Fizikal -Ia mengimbangi dan membekalkan elektrolit dalam tubuh dan mengimbangi metabolisme air dalam tubuh.
  • Produk ini turut dirumus secara eksklusif untuk membekalkan tenaga fizikal terutamanya mereka yang menetap di kawasan tropika dan mereka yang aktif dalam kerja harian
  • Mencegah Penyahidratan/Dehidrasi -Mengurangkan rasa haus, mencegah dehidrasi, melembabkan kulit
  • Mengekalkan Paras Gula - Terbukti secara klinikal dalam memelihara paras gula dalam darah 
CREDIT TO :  

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
back to top